Penyebab Kanker Pada Payudara

Penyebab Kanker Pada Payudara - Banyak perempuan yang menjalani gaya hidup yang sehat tapi tetap saja mengidap kanker payudara. Sementara itu di lain pihak, banyak perempuan yang aktif merokok, rajin mengkonsumsi alkohol dan hidup dengan pola yang tidak sehat malah baik-baik saja dan jauh dari kanker.

Ciri Ciri Kanker Pada Payudara Padahal sebuah statistik menunjukkan bahwa satu dari delapan perempuan menderita kanker payudara, jumlah yang sangat banyak dan harus membuat semua perempuan berhati-hati. Jumlah ini seharusnya dapat meningkatkan kesadaran kaum perempuan akan bahaya kanker payudara dan mulai menjalani gaya hidup yang sehat. Seperti kita tahu, kanker adalah penyakit gaya hidup yang seharusnya bisa dihindari dengan cara menjauh dari segala hal penyebab kanker payudara.

Kanker payudara banyak diderita oleh perempuan di INDONESIA. Tetapi banyak penderita yang tidak mengerti datangnya penyakit ini menginfeksi dan pada akhirnya penyakit ini menggerogoti penderita tanpa sepengetahuan penderita.



Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker payudara. Dokter mengetahui bahwa kanker payudara terjadi ketika beberapa sel payudara mulai berkembang secara tidak normal. Sel-sel tersebut membagi lebih cepat daripada sel pada umumnya. Akumulasi sel ini membentuk tumor yang dapat menyebar pada payudara, jaringan getah bening atau bagian tubuh lain.

Kanker payudara paling sering dimulai pada saluran produksi susu. Dokter menyebut jenis kanker ini cancer invasive ductal carcinoma. Kanker payudara juga dapat dimulai dari lobulus (invasive lobular carcinoma) atau sel pada payudara.

Ilmuan mengidentifikasi hal yang dapat meningkatkan risiko anda memiliki kanker payudara. Tapi tidak jelas apa kenapa beberapa orang tidak memiliki faktor risiko mengalami kanker, sementara orang lain yang memiliki faktor risiko tidak pernah mengalaminya. Sepertinya kanker payudara disebabkan oleh kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan anda.

Bagi anda yang merasakan adanya benjolan aneh disekitar jaringan payudara atau bahkan salah satu payudara tampak lebih besar, Sebaiknya cepat berkonsultasi kepada dokter. Benjolan ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, mulai dari ukuran kecil yang kemudian menjadi besar dan teraba seperti melekat pada kulit. Beberapa kasus terjadi perubahan kulit payudara sekitar benjolan atau perubahan pada putingnya.

Saat benjolan mulai membesar, barulah menimbulkan rasa sakit (nyeri) saat ditekan. Jika dirasakan nyeri pada payudara dan puting susu yang tidak kunjung hilang, sebaiknya segera memeriksakan diri kedokter. Puting susu yang mengkerut kedalam, yang tadinya berwarna merah muda dan akhirnya menjadi kecoklatan bahkan adanya oedema (bengkak) sekitar puting merupakan salah satu tanda kuat adanya kanker payudara. Hal lain adalah seringnya keluar cairan dari puting susu ketika tidak lagi menyusui bayi anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar